Sharing Pengalaman Mencari Kerja

20:30

Ngeliat adik tingkat saya di kampus baru pada selesai sidang, saya jadi ingat setahun lebih yang lalu, betapa galaunya saya saat itu yang habis sidang. Bukan karena revisi, bukan karena kebaya wisuda apa yang mau saya pake. Tetapi tentang mencari pekerjaan. Memang sih, ada waktu beberapa bulan sebelum wisuda, tetapi saya kekeuh dong mau dapat pekerjaan tetap secepat mungkin.

Wish list saya di tahun 2017 salah satunya itu mendapatkan pekerjaan. Ah, betapa susahnya ternyata mencari dan mendapatkan pekerjaan, tidak semudah yang saya kira. Apalagi IPK saya jauh dibawah cumlaude (tidak sampai 3,3 bahkan) dan prestasi akademik saya tidak menonjol. Tetapi berbekal keyakinan, doa Tiga Kali Salam Maria dan tentunya doa serta restu orang tua (saya yakin 100% ini berkontribusi untuk hal itu) akhirnya saya mendapatkan pekerjaan yang saya inginkan. Itu saja setelah enam bulan berlalu lalang di bursa lowongan pekerjaan.

Kalau saya boleh kasih saran, percaya diri dan sopan santun itu sangat amat sangaaat dibutuhkan dalam mencari pekerjaan. Kalau kamu interview di suatu tempat, usahakan dua hal itu kamu tampilkan, dan jual diri kamu sebisa mungkin. Saya ingin sharing tips dari saya yang sudah berpengalaman mengikuti test psikologi, FGD, interview, dan tes-tes pekerjaan lainnya. Jika dihitung, mungkin ada sekitar 8 perusahaan yang saya apply dan dipanggil untuk berbagai test.

Perusahaan tersebut ada...
1. Mondelez International
2. VIVO Mobile
3. Ernst and Young Indonesia
4. L'Oreal Indonesia
5. KAO Indonesia
6. Kawan Lama Sejahtera
7. PT. Inabata Indonesia  
8. Akasha Wira International Tbk

Saya lupa apakah saya pernah mengikuti test di tempat lain, ahh pokoknya perusahaan-perusahaan yang ada di atas yang paling saya ingat testnya. Untuk rinciannya akan saya share di postingan berikutnya ya.

See you!


You Might Also Like

0 comments

Enter your comment here.