Cara Perpanjang SIM A (atau SIM C) di Tamini Square [2018]

11:45

Sudah hampir 5 tahun sejak saya mendapatkan SIM pertama saya, yang berarti saya mesti perpanjang SIM. Please beware kalau perpanjang SIM itu HARUS sebelum masa SIM berakhir, kalau tidak kalian mesti mengulang pembuatan baru, which means kalian mesti bayar lebih dan repotnya pasti lebih juga. 

Pertama kali saya coba datang ke Polresta Bekasi, sekitar jam 10.00 WIB saya sampai disana, namun setelah bertanya ke orang-orang ternyata pengurusan perpanjangan SIM sudah dipindah ke Mal Pelayanan Publik yang berada di Lottemart Bekasi Junction. Gak jauh sih, paling sekitar 1,5 km dari kantor Polresta Bekasi. Lantas saya langsung menuju kesana, cuma yaah sayang sekali pengambilan antrian sudah habis sejak pukul 7 pagi! Batin saya, ini orang-orang apa udah kesini dari subuh kali ya? Heeeh. Yasudahlah.

Saya coba cari di internet, ternyata kalau SIM bisa perpanjang dimana saja, asal sudah ada e-KTP. Saya pun memutuskan untuk mengurus perpanjangan SIM A di Gerai SIM Tamini Square, dikarenakan saya gak rela ngantri panjang dan mesti datang pagi banget ke Polresta Bekasi.



Jadwal operasi gerai SIM Tamin Square dimulai dari pukul 12.00 - 20.00 WIB, tapi saya gak yakin sih tok sampe jam 20.00. Jadwalnya dibagi jadi dua gelombang, ada yang siang dan ada yang sore, saya kemarin sampai disana jam 3 sore (berkat izin setengah hari kerja) jadinya dapat yang gelombang kedua. Petugasnya bilang pukul 5 sore sudah dibuka lagi, tapi nyatanya pas saya kembali kesana sekitar pukul setengah 5 sore ternyata sudah ada orang-orang yang mengantri dan mengisi formulir. 




Lantas saya ambil formulir dan mengisinya, cek kesehatan di gerai ala-ala klinik yang ada dekat situ sebesar Rp 25.000, serahin formulir yang udah diisi plus keterangan surat kesehatan itu, lalu bayar biaya asuransi Rp 35.000 kalo gak salah, dan yaak tinggal tunggu giliran dipanggil untuk foto dan scan sidik jari. SIM udah tercetak, tinggal bayar Rp 80.000, selesai deh. 

Total waktu yang habis benar-benar untuk prosesnya mungkin hanya sejam kurang yah. Nyaman dan praktis banget, cumaaaa ya sayang aja gak ada bukti pembayaran dari awal sampe akhir. Not at all. Ya kan jadinya merasa kurang transparan yah kalau menurut saya, cuma balik lagi emang prosesnya cukup cepat sih dan saya gak perlu ngantri.
Btw SIM saya dari Bekasi loh, e-KTP pun juga dari Bekasi, tapi tetap bisa mengurus di Gerai SIM Tamini Square yang areanya DKI Jakarta. Saran saya kalau punya SIM dari luar kota jangan langsung taro ke petugas tapi minta dicek dulu apakah bisa perpanjang di situ atau tidak, baru lanjut ke tahap berikutnya.

Note:
  • Gerai SIM ini cuma bisa untuk perpanjang SIM A dan SIM C
  • Dokumen yang diperlukan : SIM asli yang akan diperpanjang, fotokopi 1 lembar, e-KTP Asli / Surat Keterangan e-KTP, fotokopi KTP 1 lembar, Kartu Keluarga (jaga-jaga aja sih).

You Might Also Like

11 comments

  1. Bro kebetulan e-KTP lagi dipakai buat pindah gimana ya bro? fotokopi mah ada bro

    ReplyDelete
  2. Kalau mau perpanjang sim, tp simnya dari luar jakarta, apakah bisa di gerai tamanmini square

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa katanya. Tetangga sim keluaran cibinong perpanjang di tamini. Syarat ktp nya sdh e-ktp

      Delete
    2. tiap hari ga bos d Tamini

      Delete
  3. Hari ini buka gaa yaaa ...

    ReplyDelete
  4. Perpanjangan buat dari ktp luar kota gimna ya bisa gak

    ReplyDelete
  5. Klo untuk SIM BI perpanjang nya dimana?

    ReplyDelete
  6. Sabtu minggu perpanjang sim di tamini squre buka ngga ya?

    ReplyDelete

Enter your comment here.