Enaknya kuliah di President University

21:22

Selamat malam para peselancar maya! Ciee, malem-malem gak ada kerjaan bener nih saya. Dasar jomblo, hahaha. Malam ini saya mau kasih tulisan, sejenis essay tapi berisi opini, tentang kehidupan saya sebagai civitas akademia di kampus saya, President University.

Kalo saya mulai dengan harga, saya gak bisa bilang kuliah di President University (PU) itu murah. Saya sih dapat beasiswa level 2, dimana saya membayar hanya Rp 8.000.000 dari kewajiban uang kuliah per semester Rp 25.000.000. Tapi teteup aja mahalzz. Belum lagi biaya asramanya yang per semester Rp 3.600.000. Kalo ditotalin semuanya, sampe lulus orangtua saya bisa ngeluarin biaya sampe Rp 150 jt lebih. 

Berbagai pertanyaan serta komentar dilontarkan oleh relatif beserta kawan-kawan yang saya sayangi. 

Kalo kayak gitu kenapa gak ke univ luar negeri aja, Cyn?

Kok mahal banget? Gue aja bayar gak semahal itu. 

Wih.... anak orang kaya. Kuliahnya di PU coy!

PU itu dimana sih? Kok namboru (bahasa batak, artinya tante) gak pernah denger? Tapi bagus ya, kayaknya.
Password wifi lu apaan, Cyn?

Oke, pertanyaan terakhir diabaikan aja. Hahaha.

Secara biaya, gak bisa dipungkirin bagi (sebagian besar) mahasiswa itu mahal. Even at that condition, I still think it's worth it. Kenapa?

First reason, kita dibiasain ngomong dan mendengar orang casciscus pake bahasa Inggris. Oke, saya akuin kalo di asrama I barely speak English, kecuali sama foreign students di asrama. Itupun bahasa Inggris koboi. Lah, maksudnya? Jadi.... kalo ngomong sama foreign student dari sesama negara Asia itu agak susah. Mereka ngertinya ya bahasa koboi. 

Apaan sih dari tadi bahasa koboi mulu?!

Nih contohnya. Orang Chinese atau Vietnam (most foreign students ethnicity at my uni) gak ngerti kalo saya tanya, "Where have you been before?" ("Kamu darimana aja sih?")
Mereka baru ngerti kalo saya tanya, "You from where?"
 Dosen bule yang di foto ini namanya Mr. Marc, from Scotland :D


Iya, emang agak sedikit bikin ngakak. Hahaha.

Saya punya pengalaman. Betapa kagetnya saya ketika dihadapkan dengan soal-soal ekonomi dan modul dari teman di PTN atau dari internet, saya susah menjawabnya. Kenapose kokondao? Ya itu tadi, karena di kelas saya terbiasa ngerjain dan belajar soal berbahasa Inggris. Bahkan terkadang otak saya mikir pake bahasa Inggris. Ajaib gak tuh? 

Lalu lanjut ke fasilitas. Fasilitas-fasilitas di PU memang belum mumpuni layaknya universitas gede macam UI, ITB, UGM, UGD, ICU, dsb. Tapi...... emang bakal semua fasilitas bakal dimanfaatin sama mahasiswanya? Aku sih no. Hahaha. Beneran deh. Fasilitas di PU yang pernah saya pake cuma perpus, wifi, klinik yang puji Tuhan biayanya gratis.... sisanya? Belum pernah dan belum tertarik.

Btw, kalo kalian bloggers pernah ngebaca brosur PU yang menuliskan ada fasilitas kolam renang, outbound dan gym, itu bukan hoax sepenuhnya. Di deket kampus PU emang ada wahana outbound, kolam renang, dan fitness club yang bisa ditempuh dengan jalan kaki selama 20-30 menit. Nah, kelebihannya ada lagi. Kita bisa walk around karena ada pavement buat pejalan kaki. Trotoarnya aman kok, saya belum pernah ngeliat ada pengendara motor nembus ke trotoar :D

Oh iya, asrama belum nih. Suasana di asrama sangat mendukung untuk belajar. Akses ke kampus hanya 10 menit kalo jalan kaki. Dan keamanan di asrama juga gak diragukan lagi. Security 24 jam. Dan mereka selalu standby kalo ada resident yang sakit untuk diantarkan ke klinik. Ada pula saung untuk belajar kelompok. Bagi saya sih, keunggulan asrama adalah saya gak merasa saya ini berada di dunia perkuliahan, masih kayak di SMA menurut saya. Kenapa begitu? Karena saya bisa meet up dengan teman-teman di asrama, bisa gampang kontak dengan teman-teman kalo mau ngerjain tugas ataupun ngelakuin aktivitas lainnya. Terutama bisa curhat-curhatan sampe larut malem. Manstaf bener deh hehe.
EDIT : Banyak yang nanya soal asrama. Baca sampe akhir ya, penjelasan tentang asrama ada di bagian FAQ, di paling bawah.

Bagaimana dengan lingkungan pergaulannya? Disini berbaur, bloggers. Saya gak sedikitpun ngerasa saya ini minoritas, saya ini dibully senior, dan lain sebagainya. Pertemanan antar agama, suku, bahkan ras terjalin baik. Yaaah, kalo masalah ngumpul, macam pelajar China dengan pelajar China atau pelajar Vietnam dengan pelajar Vietnam, itu biasa lah ya. It's okay as long as they don't do intimidation. Tetap diutamakan untuk pintar-pintar berbaur  dan berteman, karena tetap saja pasti ada kelemahan di setiap pertemanan.

Yang paling ngetop dari PU adalah, program magang atau lebih dikenal internship program nya. Kalo di PTN atau kampus lain sebutannya mungkin KKN kayaknya yah? Nah, di PU ini semua mahasiswa tahun ketiga diwajibkan untuk mempraktekkan teori yang udah didapat dari perkuliahan dengan mengikuti magang. Disini yang bisa saya jelaskan, mahasiswa/i PU bener-bener lepas dari kegiatan perkuliahan. Kan ada tuh, beberapa kampus yang masih mengharuskan mahasiswanya menghadiri kuliah. Di internship program ini, mahasiswa/i tok terfokus kepada pekerjaan sementara mereka. Syukur-syukur kalo gajinya lumayan. Eh serius loh, banyak mahasiswa/i magang dari PU yang digaji lumayan gede. Lebih-lebih lagi, mahasiswa/i PU banyak yang nerusin program magang mereka (jadi karyawan tetap untuk beberapa bulan atau tahun). Itu termasuk sangat lumayan, dibandingkan harus menganggur ketika jadi sarjana. Dosen di kampus saya bilang, persentase mahasiswa PU yang langsung kerja saat mereka lulus adalah 95 persen, sisanya memilih untuk melanjutkan ke S2 atau lain-lainnya. Keren kan?! Hehehe.

Yaaah... meskipun PU gedungnya gak semegah kampus lain, bahkan abang saya pada awalnya ngira gedung utama kampus saya itu Rumah Sakit, tapi saya ngerasa cukup kok. Karena yang saya butuhkan adalah akademiknya dan segala situasi/kondisi yang mendukung pembelajaran saya.

Anyway, that's all I think. Kalo lebih panjang lagi lama-lama saya bikin cerpen juga nih, hahahaha.


Hidup PresUniv!

Red and Blue forever true!




P.S : Ini bukan promosi loh. Saya bukan marketing dari PU, toh saya juga gak bakat marketing, hihihihi....


UPDATE
Banyak yg nanya soal biaya kuliah dsb di PU sama saya. Perlu saya ingatkan sekali lagi.... kalo saya bukan staff marketing, bukan student ambassador, atau apapun itu yang berkaitan dengan promosi kampus. Isi blog ini pure 100% opini saya tentang jadi mahasiswi di President Univ, dan murni kemauan saya untuk menulis postingan ini. Kalo bisa saya jawab, akan saya jawab, SEPENGETAHUAN SAYA. Jadi kalo ada yang salah, mohon dimaklumi :)

FAQ tentang Asrama
1. Kak kalo di asrama ada fasilitas apa aja? Bagus gak kak asramanya?
Jawab: Asrama PresUniv memang gak selengkap kampus lain, tapi saya prioritasnya lebih ke keamanan dan kenyamanan sih, walau lebih mahal dari kosan. Ada disediakan tempat tidur, AC, lemari (gak terlalu besar sih, to be honest) dan wifi tiap kamar. Laundry ada di dalam asrama, tapi saya lebih suka pake jasa laundry di luar lebih wangi dan bersih hihi. Kamar mandi ada di luar dan di dalam. Kalau yang tipe pavillion yang bentuknya rumah bertingkat itu ada 3 bilik shower dan kakus di tiap lantai, kalau yang tipe SBH yang bentuknya rumah kecil kamar mandinya digabung sama kakus.
2. Kak kalo di asrama bayar biayanya dapet makan gak?
Jawab: Enggak. Di asrama gak disediakan makanan, oleh karena itu kita harus beli dari luar atau masak sendiri pake magic com/magic jar/ kompor listrik (kompor gas gak dibolehin)
3. Listriknya gak bayar kan kak?
Jawab: Unfortunately you have to. Karena pakai sistem token. Tapi di awal semester tiap kita pasti dikasih free token yang bisa dipakai sekitar 1 - 3 bulan, tergantung hemat-hematnya kita sama roommate
4. Emang wajib banget ya kak tinggal di asrama?
Jawab: Wajib sih untuk tahun pertama. Cuma pengalaman saya ada teman yang pindah di semester kedua ke kosan karena menurut dia lebih murah dan comfy. Tapi itu pun sepertinya mesti menjelaskan langsung ke bagian staff asrama sama finance ya.
 
FAQ tentang Kampus
1. Kak kalo kuliah di PresUniv mesti bisa bahasa Inggris ya? Aku jelek banget nih bahasa Inggrisnya, takutnya gak bisa ngikutin...
Jawab: Wah, ini agak pusing ya jawabnya. Kalau tingkat kefasihan bahasa Inggris kamu bisa sedikit lebih dari bahasa Inggris sehari-hari dan gak terlalu kesusahan baca artikel bahasa Inggris, aku yakin kamu bisa ngikutin. Cuma kalo menurut kamu emang parah banget, aku cuma bisa kasih saran perbagusin bahasa Inggris kamu, karena nanti kamunya yang susah keteteran. Banyak kasus di PresUniv kayak gitu, bahasa Inggrisnya parah banget jadi keteteran dia di kuliah. Tapi ada juga temen aku yang kemampuan bahasa Inggrisnya rendah banget, tapi karena dia pede dan mau belajar, dia bisa bertahan. Akhirannya sih memang pasti balik lagi ke individu masing-masing :)
2. Di PresUniv ada program S1 Ekstensi?
Jawab: Ada. Kelas malam yaa istilahnya tapi maaf saya gak bisa ngasih penjelasan lebih lanjut soal kelas ekstensi ini. Setau saya juga kelas ekstensi ini lebih banyak pake bahasa Indonesia.


You Might Also Like

60 comments

  1. Seleksi masuknya susah gag?

    ReplyDelete
  2. @Andrianhalo :) kalo menurut saya sih, gampang2 susah ya. soalnya sederhana buat yg jurusan sosial, tp pake bahasa inggris~

    ReplyDelete
  3. Kalau dari keluarga nggak mampu gimana ?

    ReplyDelete
  4. kak aku mau nanya, aku kan lulus president university selesksi beasiswa dan dpt kategori dua, jd cm bayar 9jt persemester, kalo udah msk pu, apa didalem msh byk pembayaran kak? selain biaya asrama apa msh perlu membayar biaya lain, misalnya biaya pembangunan dll? makasih sblmnya kak

    ReplyDelete
  5. @Anonim hmmm kalo ak sih yaa...tahun aku kan bayar 8 jt buat beasiswa kategori kedua. 8 jt itu udah termasuk biaya semua kok. jadi kita 'hanya' diharuskan bayar biaya 8 jt dan uang asrama itu. oh iya, seinget aku jg ada biaya deposit 1jt rupiah untuk fasilitas asrama. udah sih... seinget aku itu doang kok.

    semoga jawabannya membantu ya :D

    ReplyDelete
  6. uang persemseternya udah termasuk buku atau beda lagi kak ?
    lalu kak, aku kan udh lulus d PU ni tpi speak english aku gak begitu lancar, nah itu gmna kak? Makasih kak :)

    ReplyDelete
  7. @Anonim belum termasuk dek. kalo buku sih bisa diakalin ya. fotokopi atau pake ebook. gak semua dosen kok mengharuskan pake buku :)
    masalah speak english, banyaaaak kok yg belum lancar bahasa inggrisnya (terutama mahasiswa asing). tapi lama kelamaan jg bakal terbiasa kok :D

    ReplyDelete
  8. boleh mintak no hpnya gak kak abisnya aku mau nanya2 ni kak :),rencananya aku mau ambil kuliah di PU kak. kirim ke sini aja kak putrinefertari@yahoo.com
    sebelumnya terimakasih kak :)

    ReplyDelete
  9. @Anonim hmmmm untuk lebih jelasnya kayaknya lebih baik kamu nanya ke marketing deh :D soalnya mereka juga jauh lebih tau banyak daripada saya hehe :)

    ReplyDelete
  10. i think PU is a good univ. but sometimes i doubt myself if i can study there. i always doubt about my english skill. although i got scholarship category 2. :'(. huhuhu

    ReplyDelete
  11. Kak numpang nanya. Kalau misalnya udah lulus beasiswa 1 terus pas udah perkuliahan dapat ipk dibawah 3. Apakah beasiswanya diyarik kembali?

    ReplyDelete
  12. Hai, mau nanya..di PU ada program ekstensi dari D3 ke S1 gak ya?

    ReplyDelete
  13. Banyak nggak orang Batak karo di PU kak.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku orang karo kuliah disana nanti kok;) salam batak karo hehe

      Delete
  14. kalau misalnya lukus beasiswa kategori 3 biaya sampai lulus setara dengan yang kategori 3? atau berbeda disetiap semester tergantung IPK? Untuk biaya asrama dibayar perbulan? Atau bagaimana?

    ReplyDelete
  15. kak ada ID LINE atau apa aja sosmed? aku mau tanya2 tentang PU kak:)

    ReplyDelete
  16. @Juando Siallagan Hallo Sorry baru bales ya... sepengetahuan aku sih enggak ya.. cuma kalo kamu udah dapet beasiswa 1 seharusnya gak susah dong dapet IPK 3 ya gak :P

    ReplyDelete
  17. @Eby Bahri ada deh sepertinya. coba cek langsung aja ke website PresUniv, lengkap kok infonya :)

    semoga membantu

    ReplyDelete
  18. @Ray Andelta Ginting waduh kurang tau juga ya... gak banyak kayaknya... cuma itu kan karena jumlah mahasiswa PresUniv juga gak sebanyak kampus-kampus maha gede kayak UI, Unpad, dsb.

    Semoga jawabannya membantu.

    ReplyDelete
  19. @nadia iyaaap, kecuali dalam 3 semester BERTURUT-TURUT kamu dapet IPK cum laude (di atas 3.75), bisa dapet beasiswa 1 alias gratis ;) Temen2 saya ada yg dapet gratis juga soalnya, padahal dia aslinya beasiswa 2.

    Biaya asrama bayar per semester :)


    Semoga jawabannya membantu.

    ReplyDelete
  20. @Graciana Putri kalo tanya2 yg lebih detail dan sejelas-jelasnya, kayaknya kamu perlu telpon langsung bagian marketing nya PU deh, aku yakin mereka mampu ngejelasin semua yang mau kamu tanyakan.

    Semoga jawabannya membantu :)

    ReplyDelete
  21. Kak untuk biaya dorm-nya apa masih tetap 3,6jt per-semester atau udah naik?

    ReplyDelete
  22. Kak kalau biaya masuk nya itu kalau tanpa beasiswa berapaan ya?dan kalau sama beasiswa jadi sekitar berapa ya?thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  23. Kak, kalau mau ngambil fakultas HI harus ikut TOEFL gak kak?

    Mohon dijawab ya kak :)

    ReplyDelete
  24. @Anonymous kayaknya sih udah naik ya.. maaf gak bisa jawab kalau yang ini soalnya udah gak nge-dorm alias asrama lagi T_T

    ReplyDelete
  25. @Kevin Octavianus waduh.. aku gak update kalo soal uang kuliah.. hayooo jangan males2 nelpon atau email marketing team President University yaaa..

    ReplyDelete
  26. Halo kak cynthia, aku mau nanya. Apakah ada kelas karyawan yang menyesuaikan waktu shift kerja? Setau saya ada kelas regular malam dan weekend class. Kalo saya lagi kerja shift sore gak bisa ikut 22nya. Terimakasih

    ReplyDelete
  27. @Muchamad Saefudin halo.. setau saya sih cuma ada kelas malam ya.. gak bisa nyesuain jadwal kerja gitu..

    ReplyDelete
  28. halo kak cyntia, aku tahun ini diterima di PU beasiswa 1. dan mensyaratkan IP 3,25. Aku diterima di teknik Industri. kak minta dong tips tips buat meraih dan mempertahankan IP biar bagus hehe.. btw kak aku masih bingung sebenarnya antara milih PresUniv atau universitas Pertamina. soalnya aku jg diterima di univ pertamina kak. aku ga ragu sih sama kualitasnya PresUniv, tp karna syarat IP nya itu serta pengantarnya bahasa inggris aku jd agak ragu kak sama kemampuan sendiri. takutnya malah ga bisa ngejalanin. kalo boleh minta ID LINE dong kak, soalnya mau tanya2 nih hehe

    ReplyDelete
  29. kak,aku kan udah lulus taun ini terus mau coba test beasiswa untuk taun ajaran depan ,itu bisa gak ya kak..soalnya aku ada baca di blog lain kalo yg udh lulus gak bisa ikut test beasiswanya

    ReplyDelete
  30. Mba mau nanya, rata2 lulusan PU kerja dimana ??.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  31. Hi cyntia, salam kenal dari saya.
    sy mau nanya, perkuliahan tahun ajaran baru mulainya kapan yah ?

    ReplyDelete
  32. Hallo kak,aku mau nanya,klo PU itu harus bisa bahasa inggris gimana ya kak??? Aku merasa bahasa inggris aku kurang,saran kakak apa?? Makasih :)

    ReplyDelete
  33. Kak emangnya di PU itu wajib tinggal di asramanya?

    ReplyDelete
  34. Kalo boleh tau kaka jurusan nya apa? Soalnya aku dpt beasiswa PU kategori 3, jurusan International Relations, kira2 jurusan itu peluang buat dapetin kerjanya gede ga si atau sulit cari kerja? Dan jurusan International Relations itu kerjanya apa ya kak? Mohon di bales ya pngn tau infonya, thx

    ReplyDelete
  35. Hi... Apakah bisa smbil krja smbil kuliah di presuniv...

    ReplyDelete
  36. Kak mau nanya, kalo misalnya udah lulus jalur beasiswa, ada tes lagi gak?

    ReplyDelete
  37. Ka mau nanya dong. Pas tes, soal2nya susah susah ga? Maksudnya tingkat kesulitannya kaya di sbmptn atau gimana gitu?

    ReplyDelete
  38. Kak aku mau nanya dong kalo dapet beasiswa itu sampe lulus atau bakal bisa di tarik?

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  40. Kak.. kalo fasilitas di asramanya itu apa apa aja?? Udah sama makan atau belum??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fasilitas asrama cukup untuk sehari2.. bisa cek langsung ke website PU yaaah. Belum sama makan, itu kita beli di luar hihi

      Delete
  41. kak, untuk masuk Pres univ perlu tes ya? ato tes cuma buat beasiswa? kalo saya lihat di website presuniv sih katanya gak perlu tes, cuma abis baca artikel kakak jadi bingung hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya kurang tau ya dek. Sepertinya masih perlu sih kalo mau dapat beasiswa... itu kan beberapa taun lalu kalo yg di artikel saya jadi bisa double check langsung dengan email atau telepon ke marketing PresUniv :)

      Delete
  42. Firda nafisyah11 May 2017 at 00:10

    Kak untuk fasilitas asrama ada apa sih kak? Untuk makanan dan laundry ada gak kak? Atau beda lagi kak?

    Dijawab ya kak, plisss :)

    ReplyDelete
  43. Kak untuk fasilitas asrama itu gimana ya kak? Makan dan laundry itu termasuk, apa beda lagi kak?

    Jawan ya kak, pliss. Makasih kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayooo jangan males2 browsing website PresUniv atau tanya langsung ke marketing teamnya yahh. Kayaknya juga saya udah jawab comment2 di atas, banyak yg nanyain hal yg serupa :)

      Delete
  44. kak beasiswa 100% syaratnya IPK harus diatas 3,5 per semester, kalo dibawah itu turum ke beasiswa 2 / gmn kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm aku kurang tau yaa.. aku pernah sih sekali dapet IPK dibawah IPK yang disyaratkan tp engga pernah turun / downgrade beasiswanya sih :)

      Delete
  45. Hi kak! Makasihh banyak infonya, juga dari commen"nya. Ohh iya kak, saran nih buat cerita yg bagian asrama tolong dilengkapin lagi bisa ga kak? Soalnya masih rada kepo dengn habits" yg bersifat pribadi (makan, cuci, etc) dr sudut pandang kk. Hmm gitu aja. Overall thanks kak! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke! Makasih sarannya yaa. Tapi berhubung aku udah gak di asrama lagi (udah lulus, hehe) jadi mohon maaf kalo kurang update.

      Delete
  46. Kak aku mau tanya. Kan biaya awal utk daftar PresUniv bisa dicicil. Itu kan cicilan pertama waktunya terlalu mepet dan belum konsultasi sama ortu. Itu bisa nggak dicicil pada cicilan kedua. Takutnya nanti dianggap mengundurkan diri. Soalnya aku baru tau kalau dapet email dari PresUniv.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha aduh.. maaf aku kurang tahu soal hal ini ya.. coba kamu kontak langsung staff marketing President University ya :) mereka baik banget kok dan pasti pertanyaan kamu bakal ditanggapi

      Delete
  47. kak, disana mayoritas islam atau kristen ya? makasih

    ReplyDelete
  48. Ka mau tanya dong, di pu emang ada kelas regular malem? Rumah saya deket dari kampus bisa ga saya ga ikut asrama??
    Makasih ka

    ReplyDelete
  49. Kak mau nanya, kalau misalnya dapet beasiswa yang ke 1 udah termasuk dalam tanggungan biaya asrama? Terus untuk uang keperluan makalah dan lain2 nya kira2 habis berapa dalam sebulan ka?

    ReplyDelete
  50. Kak cara supaya bisa kaya temen kaka, semester 2 nya ga asrama itu gimana ya? Pertimbangannya apa aja? Makasih

    ReplyDelete
  51. kak, kira2 untuk mendapatkan ipk tinggi susah ga kak?

    ReplyDelete

Enter your comment here.