ASEAN Literary Festival 2015 Report

23:46

Selama hari Rabu sampai Minggu kemarin saya sibuk (well, literally) berpartisipasi menjadi volunteer di event skala internasional, ASEAN Literary Festival 2015. Yahh, saya memang gak menghadiri eventnya full tok, sih. Seharusnya kan eventnya ada 8 hari tuh, nah saya ikutnya cuma 4 hari aja. Gak apa-apa lah, toh main events were actually starting from Thursday until Sunday. 


ASEAN Literary Festival 2015 ini adalah acara sastra, bahasa, dan kebudayaan yang memfokuskan pada komunitas ASEAN alias negara-negara di Asia Tenggara. Asyik-asyik banget deh, pembicaranya. Selain dari negara-negara ASEAN, ada juga negara non-ASEAN lainnya seperti Australia, Korea Selatan, China, Jepang, Finlandia, Mesir, Algeria, USA (eh, bener ada gak ya? Saya lupa-lupa inget, sih, hehehe)

Sebagai pecinta literatur, jelas banget event ini gak ngebosenin buat saya. Selain menambah ilmu di dunia penulisan, saya juga bisa menambah banyak kenalan dan saya ketemu orang-orang berbakat plus terkenal. Volunteer yang ikut pun pecinta sastra juga. Seruuuu. Coba kalo di kampus saya, weleh weleh, jarang saya temukan (yaa secara di universitas saya gak ada jurusan sastra)

Ada banyak sesi dan workshop yang berlangsung di ALF 2015. Saya gak bisa ngikutin semuanya, jelas. Ada kala saya ditempatin di satu sesi yang berjalan seiringan dengan sesi yang lain. But it's fine, though. Saya gak ngerasa tugas jadi volunteer di event ini ngebosenin atau bikin capek. Ya karena ini berhubungan dengan passion saya, jadi saya jalanin sepenuh hati, walau gak sepenuh hari :p #lah #apaandah

Ada beberapa sesi yang menarik perhatian sayaa (well, ini sesi yang dimana saya tugas jaga sih, hehehe) 

1. Pers Conference with Signmark
 Signmark ini adalah rapper ganteng asal Finlandia. Uniknya, doi ini tunarungu. Keluarganya semua tunarungu juga, jadi mereka semua berkomunikasi pakai bahasa isyarat. Walau awalnya keluarga dan kerabatnya sempat pesimis dengan keinginan Signmark untuk menjadi penyanyi (rapper, pula!) namun akhirnya keraguan itu terpatahkan. Sekarang Signmark dikontrak oleh label rekaman musik terkenal dan menjadi icon for disabled people. 

2. Dramatic Reading Workshop
Wuihhh yang ini baru namanya workshop! Diarahkan langsung oleh Low Kok Wai, orang Singapore yang menjadi dosen di universitas di Brunei Darussalam. Semua peserta workshop bener-bener diajak untuk mempraktekkan langsung cara menghayati pembacaan. Nah, karena saya volunteer yang ditugasin untuk standby, jadinya saya cuma bisa menonton doang deh :( Tapi sumpah, ini workshop keren banget banget! Dan si Mr. Wai ini juga ramah banget. Ah, andaikan semua dosen di kampus saya kayak si Mr. Wai ini ya :')

3. Blast from The Past "Chairil Anwar dan Sitor Situmorang"
Di sesi ini, pembicaranya adalah Joko Pinurbo (a.k.a JokPin) dan Hasan Aspahani. Well, kalian mungkin udah tahu tentang Chairil Anwar ya. Tapi buat yang awam akan sastra, Sitor Situmorang mungkin masih agak asing di telinga. Almarhum S. Situmorang adalah sastrawan terkenal asal Sumatera Utara, sejenak sesudah generasi Chairil Anwar. Acara ALF 2015 tahun ini juga dipersembahkan untuk mengenang almarhum yang berpulang  pada Desember 2014 lalu. 

4. Closing Night
Karena saya gak ikut opening night ALF 2015, saya pun berikhtiar untuk "bodo amat pulang malem, yang penting gua ikut closing nightnya." Secara gitu, ada pembacaan puisi dari bapak Zawawi Imron sama pakde JokPin! Yuhuuuu. Pembukaan dibawakan oleh kelompok seni I La Galigo yang mempertunjukkan drama dengan budaya dan bahasa Bugis. Baru setelah itu ada pembacaan syair oleh beberapa sastrawan.
Pak Zawawi Imron sama pakde JokPin yang terkenal dengan puisi guyonnya menghentakkan audiens dengan tawa. Saya juga gak bisa nahan ketawa dan senyum-senyum melihat mereka membawakan syair. Aaaah, bagaikan oase di padang gurun, mereka berdua memberikan saya yang haus akan inspirasi ini begitu banyak ide. 

Overall, menurut saya event ALF 2015 berjalan dengan lancar dan sukses. Walaupun ada beberapa kendala dan promosi yang menurut saya agak kurang. Semoga tahun depan saya bisa ikut jadi volunteer event ini lagi (karena kemungkinan besar saya udah magang, hiks).

Good night all :D



Ini saya lampirkan foto-foto dokumentasi, cuma beberapa sih, hehe.


You Might Also Like

0 comments

Enter your comment here.