Gereja Katolik Yang Ada di Seoul

17:24

Sebagai umat Katolik, udah seharusnya jadi kewajiban saya untuk selalu pergi ke Gereja tiap hari Minggu dan memuliakan nama Tuhan. Saya gak pernah berhenti mengucap syukur kepada Tuhan YME karena udah ngasih saya kesempatan menghabiskan hampir lima minggu di Korea Selatan, dimana saya bersyukur pula bisa merasakan beribadah di tiga gereja Katolik yang ada di Seoul.

Gereja-gereja tersebut adalah Myeongdong Cathedral, The International Parish of St. Francis - Seoul dan Sogang Catholic University Church. Saya mengunjungi Myeongdong Cathedral sebanyak dua kali, dan gereja yang lainnya hanya sempat sekali. Semuanya menyediakan misa berbahasa Inggris. Yuk lihat review saya tentang gereja-gereja ini dan cara mencapainya!

1. Myeongdong Cathedral


Myeongdong Cathedral atau Katedral Myeongdong adalah yang paling terkenal seantero Seoul. From my point of view, gedung Myeongdong Cathedral gak jauh berbeda dengan Katedral Jakarta. Sama-sama bagus, dan banyak fasilitas yang menunjang kegiatan peziarahan dan ibadah. Yang unik dari Myeongdong Cathedral ini, banyak turis yang non Katolik yang mengunjungi tempat ini untuk sekedar foto-foto karena emang tempat ini TOP banget buat photography spot.

Myeongdong Cathedral menyediakan misa berbahasa Inggris alias English mass setiap hari Minggu jam 9.

How to reach this church:
Naik subway line 4 turun di Myeongdong Station, exit no. 9 lalu ikutin aja plang ke arah katedral. Bisa juga dari exit no. 6, lurus terus ke arah Myeongdong Art Theater (gedung warna krem) lalu belok kanan, jalan terus sampai terlihat gedung warna cokelat. Perlu diinget kita mesti naik tangga dulu, jadi saya gak saranin kalau kalian datengnya mepet sebelum misa, karena pasti bakal ngos-ngosan banget buat ngejar waktu.

2. The International Parish of St. Francis

Saya agak sedikit bingung tentang nama gerejanya. Apakah Hannam-dong International Catholic Community atau International Parish of St. Francis? Tapi overall, saya paling suka sama gereja ini. Umat dan pastor saling menyapa dan sangat dekat, saya bisa ketemu orang-orang Indonesia, dan kita bisa saling menyapa sambil menikmati snack yang suka disajikan setelah misa. Karena letaknya ada di daerah Itaewon, which is very well-known for multi racial environment, disini ada banyak opsi misa, ada yang menggunakan bahasa Inggris, Korea, Italia (ini paling utama karena letaknya di dekat Italian embassy dan pastornya juga orang Italia), Jerman, dan Spanyol. Oh iya, misa Bahasa Inggris diadakan setiap hari Minggu jam 9 dan 11 pagi.

How to reach this church: Turun di Hangangjin Station Exit 2. Jalan sekitar lima menitan sampai kelihatan ada jembatan penyeberangan. Gunakan jembatan penyeberangan itu untuk jalan ke seberang, dan belok kanan. Jalan terus sekitar 10 menitan sampai melewati kedutaan Italia. Nah di sebelahnya itu gerejanya. Hati-hati jangan sampai kelewatan, gereja ini bisa dikenali dari patung Bunda Maria warna putih.

3. Sogang Catholic University Church


Bertempat di universitas katolik Sogang, gereja ini agak sedikit tricky buat ditemuin karena letaknya agak di bagian dalam dan nanjak! Saya saranin lagi supaya datengnya gak mepet sebelum misa, karena untuk mencapai gereja ini perlu ekstra tenaga. Tapi saya suka gedungnya, dan misa bahasa Inggris ada jam setengah 8 malam tiap hari Minggu, jadi bisa istirahat dulu seharian xD

How to reach this church:  Turun di Sinchon Station (line nomor 2) dan exit nomor 7 (seharusnya bisa exit nomor 6 tapi waktu saya pergi kesana sepertinya exit no. 6 lagi direnovasi) jalan terus melewati Seven Eleven, belok kiri jalan terus sekitar 10 menit sampe ke gerbang Sogang University. Nah PR terbesarnya mungkin kita mesti nanjak untuk mencapai gerejanya, karena emang letaknya paling atas banget. Kalau udah nemu patung Yesus, berarti udah di depan kapel St. Ignatius, disitulah misa diadakan.

Nah, sekian info dari saya tentang gereja-gereja Katolik di Seoul yang udah saya kunjungin :D Semoga kalo ada saudara satu iman Katolik berniat atau yang mau sekedar berkunjung saja ke gereja Katolik yang ada di Seoul, mungkin info dari saya bisa berguna!

Have a nice day!




You Might Also Like

1 comments

Enter your comment here.