MEET MY NEW PASSPORT [LOL]

15:02

 
 
Yippie! Akhirnya setelah nunggu sekitar 4 hari, paspor baru (hasil perpanjangan paspor lama) saya dan keluarga jadi juga. Ngiranya bakal semingguan lebih baru jadi, ternyata jadinya cepat banget, di luar dugaan saya.

Jadi ceritanya paspor saya dan keluarga habis masa berlakunya bulan November tahun kemarin. Udah ada niatan sih, buat perpanjang paspor sebelum masa berlakunya habis, cuma gak ada yang sempet. Saya yang nganggur dua bulan akibat libur semester yang (terlampau) panjang akhirnya disuruh bapak saya buat daftar online saja dulu.

Lah? Keren amat sekarang imigrasi pake daftar online?

Ternyata eh ternyata, sistem daftar online itu udah ada dari beberapa tahun lalu. Buset dah. Saya ketinggalan informasi banget nih tentang dunia perimigrasian /gubrakkk/

Yaudah, saya coba lah untuk memperpanjang paspor via online. Pertama kali saya coba sekitar sebulan yang lalu kayaknya. Awalnya saya kesel karena websitenya error terus, gak bisa dibuka. Yowis lah ben, nanti kita sekeluarga pake sistem manual aja buat perpanjangan paspor. Tapi yaa bapak saya kekeuh ngingetin buat coba lagi daftar via online, karena katanya kalo daftar manual pasti makan waktu banyak banget.

Hhhhh.. iya deh. Trus pas saya buka lagi sekitar dua minggu lalu, eh eh eh ternyata bisa dibuka juga sodara-sodara! Setelah saya ganti pemakaian browsing dengan Gugel Chrome, website imigrasi bisa juga kebuka! Huahahaha betapa bahagianya akhirnya bisa! 

Jangan tanya sama saya soal prosedur pembuatan atau perpanjangan paspor via online ya, kalian bisa cari caranya di mbah Gugel, banyak dan lengkap, kok. Hehehe.

Saya ingat mendaftarkan perpanjangan paspor saya dan keluarga itu hari Jumat dua minggu yang lalu (31 Juli 2015) dan membayar via ATM BNI hari Senin. Awalnya saya ngira kalo pembayaran paspor itu mesti ke teller bank. Duh ampun ribet banget ya bo. Males ngantrinya itu loh. Eh, gak taunya bisa bayar pake ATM BNI. Wihihihi. 

Setelah beres dengan urusan pembayaran dan nge-print surat konfirmasi pembayaran, hari Kamis minggu lalu saya dan keluarga datang ke Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Timur. Kantor imigrasi ini ada di daerah Cipinang, lebih tepatnya di sebelah LP Cipinang. Kita jalan dari rumah jam 7 kurang, eh baru nyampe sana jam setengah 9 karena daerah Cawang-UKI yang macetnya bikin kaki pengemudi mobil kondean dan emosi #curcol

Pas nyampe sana, kita kaget karena tiket antrian udah abis. Lah? Kok gitu?! Pan sudah dibikin perjanjian untuk datang hari Kamis! 

"Pak, kita daftar yang online loh!" ujar saya dengan nada kesel karena ke Kanim Jakarta Timur itu naujubilah macetnya. 

"Oh, mbak daftar yang online? Kalo itu bisa!" 

Lah ilah. Saya lega karena gak harus balik lagi besoknya. Gila aja, satu setengah jam lebih ngadepin macet gak bawa hasil apa-apa. Nah, inilah untungnya kalo daftar online! Kalian gak perlu dateng dari pagi-pagi banget macem yang daftar manual. Mereka yang daftar manual itu sungguh amat sangat niat. Jam lima subuh pun dijabanin demi mendapatkan nomor antrian awal-awal. Dih, jam segitu mah saya masih di alam mimpi keleus.

Okelah. Setelah nunjukkin surat konfirmasi pembayran, kita dikasih nomor antrian. Pembuatan paspor ada di lantai dua, baik yang online maupun yang manual. Saya salut sama pemprov DKI. Kantor imigrasi sekarang jauh lebih baik dibanding lima tahun lalu saat pertama kali saya dateng buat bikin paspor. Dulu tuh, banyaaaaak banget calo yang nawarin jasa pembuatan paspor kilat. Sekarang saya rasa sudah sedikit sekali calo berkeliaran di Kanim Jakarta Timur.

Urutan pembuatan dan perpanjangan paspor secara online kira-kira dapat dirangkum sebagai berikut:
1. Daftar online di website Imigrasi
2. Bayar di teller atau ATM BNI (harganya Rp 355,000 untuk paspor biasa, dan sekitar Rp 600,000 untuk e-Passport)
3. Konfirmasi di website imigrasi dan tentukan jadwal kedatangan. Link untuk konfirmasi ada di email yang anda tulis saat pendaftaran. Jadwal kedatangan bisa anda tentukan sendiri.
4. Datang ke kantor imigrasi yang dipilih saat pendaftaran dan melalui beberapa prosedur seperti wawancara dan foto sekitar dua sampai tiga jam kalo lancar. Untuk pendaftaran online, batas maksimal untuk mengambil nomor antrian adalah jam 14.00 WIB.
5. Tunggu selama tiga hari kerja untuk pembuatan paspor. Anda bisa cek status permohonan paspor di website imigrasi dengan memasukkan nomor permohonan.
6. Paspor anda sudah jadi!!! Tinggal ambil deh :D

Saya sekeluarga kemarin selesai jam 14.00, jadi bisa dibilang makan waktu setengah hari. Sebenarnya ada kendala sih, di bapak sama abang saya. Saya, mama, dan adik saya sudah selesai melewati prosedur pembuatan dalam waktu dua setengah jam. Kendalanya apa? Jawabannya; di dokumen. Bapak dan abang saya gak membawa ijazah mereka yang asli. Alhasil mesti nunggu dua jam buat nunggu ijazah tersebut dianterin sama karyawan bapak saya. Jadi... pastikan anda kalo bisa ngebawa dokumen lengkap ya.

Apa aja dokumennya?
1. Kartu keluarga asli dan fotokopi
2. KTP asli dan fotokopi
3. Akta kelahiran asli dan fotokopi. Hmm, untuk akta kelahiran abang dan orangtua saya gak pake juga gapapa kok. Mungkin karena udah ada kartu keluarga dan ijazah kali ya.
4. Bukti pembayaran asli dan fotokopi
5. Ijazah/Surat Nikah/Surat Baptis asli dan fotokopi. Intinya yang mencantumkan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, beserta nama orangtua kalian. Ijazah SMP pun, asal lengkap, bisa dipakai.
6. Surat pergantian nama (kalo emang pernah).
7. Paspor lama (untuk yang perpanjangan) asli dan fotokopi.

Untuk KTP dan paspor lama, ada baiknya anda gunakan fotokopi di kantor imigrasi. Meski lebih mahal (kalo ga salah selembar itu Rp 1000), tapi mereka sudah tau formatnya. Ya, terserah sih. Lek arep fotokopi dewean wae silakan. Yang penting dokumen kalian lengkap, dan pastikan ada yang aslinya :D

Prosedur bikin atau perpanjang paspor sekarang jauh lebih mudah sih, kalo menurut saya. Intinya kalian mesti niat. Kalo perspektif kalian sama instansi pemerintah macam begini udah negatif, yaa alhasil ke depannya kalian bakal pesimis dan gak menguntungkan kalian dan pihak lainnya.

Semangat yaa yang mau bikin paspor baru atau perpanjang paspor! Siapkan saja internet yang kencang kalo mau daftar online hehehe.






You Might Also Like

0 comments

Enter your comment here.