Book Review: Danur by Risa Saraswati

12:44

Yippiee! Akhirnya ngeblog juga xD 

Hari Selasa kemarin gue ke Metropolitan Mall Bekasi dan tentu saja gak lupa singgah ke Gramedia. Gue lagi pengen banget baca novel, dan yak.... gue ubek-ubek tuh semua novel yang bestseller. Tapi ada satu buku yang judulnya dan kovernya menarik. DANUR. Penulisnya Risa Saraswati.

Gue dikasihtau juga sih sama temen gue kalo novel Danur ini menarik, tentang orang yang bisa ngeliat hantu gitchu deh. Beeeh, langsung aja tuh gue sikat. Novel ini pun gue baca keesokan harinya. 


 

Langsung aja ke sinopsisnya yaa.  Jadi.... tokoh utamanya bernama Risa. Ceritanya dimulai pas kelas 5 SD, dia baru saja pindah dari desa ke kota Bandung. Nah, Risa ini ngerasa ga betah di sekolah barunya dan kangen sama keluarganya. Pas dia lagi nangis di loteng, ada anak laki-laki bule Belanda, yang namanya si Peter. Risa heran karena anak ini tau namanya. Peter punya empat teman-teman lainnya, William, Hanas, Hendrick, dan Janshen.Waktu ditanya, mereka cuma bilang mereka adalah tetangga sebelah. Sejak saat itu mereka berteman. Selama setahun Risa sama sekali ga tau kalo mereka itu hantu. Setelah akhirnya Risa mengungkap fakta bahwa mereka tidak lagi hidup, Risa sama sekali gak mempermasalahkan hal itu. Selain kelima anak Belanda ini, ada juga cerita-cerita tentang hantu-hantu lainnya yang pernah ada di hidup Risa. Bagaimana Risa menghadapi ketakutannya, atau kesendiriannya saat ditinggal Peter dkk juga dijelaskan lengkap disini. Overall, seluruh cerita di novel ini sangat menarik. Disini kita diajarkan bahwa tidak semua makhluk halus itu jahat. Mereka hanya butuh didengarkan. Kebanyakan cerita dari hantu-hantu yang ditemui Risa saat mereka masih hidup itu super menyedihkan.

Awalnya, gue kira novel ini cuma fiksi. Tapi pas ada tulisan "Kupersembahkan buku ini untuk kelima sahabatku (dst. kalo semuanya gue tulis ntar spoiler dong ;p) di bagian awal yang belum gue baca, barulah gue nyadar kalo cerita di novel ini adalah kisah nyata yang dialami penulis.

Well, I must say, this is an inspiring book.

You Might Also Like

2 comments

  1. udah denger lagu lagunya si risa sarasvati? denger dan rasakan.. merinding deh pasti :D
    thanks review nya. jadi penegen beli bukunya cepet2 deh ..

    ReplyDelete
  2. Sorry for late reply.

    Iya, aku udah denger kok, lagu Story of Peter, kan? It's pretty cool :)
    Recommended bgt bukunya, ga akan nyesel deh :D

    ReplyDelete

Enter your comment here.