Happy Easter Day!!!

11:45

Hari ini adalah hari Paskah, hari bagi umat Kristiani untuk merayakan kebangkitan Tuhan Yesus Kristus. Khusus buat penganut agama Katolik (termasuk gue) gereja tiga kali, waktu hari Kamis, Jum'at dan Minggu ini. Sebenarnya apa sih makna dari Paskah itu?
Pertama-tama, gue pengen cerita dulu (kayaknya di tiap postingan gue pasti bilang begini ya hahaha :p)

Gue jadi inget waktu gue kecil dulu sewaktu hari Paskah pasti ada lomba nyari telur bareng abang dan adek gue. Orangtua gue menaruh telur di tempat tersembunyi di halaman rumah. Siapa yang paling banyak nemuin telurnya dia bakal dapat hadiah. Seringkali sih, abang gue yang menang. Maklum, masa kakak kalah sama adek? Wkwk.

Ada juga lomba menghias telur di sekolah. Gue ini sebenarnya sangat suka seni dan hobi menggambar, tapi entah kenapa kalo ngerjain yang kayak beginian (baca: hias telur) gue ga terlalu niat. Habisnya medianya bukan kertas/kanvas sih. Jadi palingan cuma dapet juara 3, ga pernah juara 1. Hahaha.

Sebelum masa Paskah, atau disebut juga masa pra Paskah, setiap hari di sekolah gue selalu memulai pelajaran dengan membaca injil Alkitab, dan berdoa bersama-sama. Kita juga selalu menyisihkan uang untuk kolekte. Dan seminggu sebelum Paskah, bagi yang udah dibaptis secara Katolik, siswa-siswinya diwajibkan untuk melakukan pengakuan dosa di Gereja. Jadi, saat menyambut Paskah kita semua 'bersih'. Sekarang sih, karena gue sekolah di sekolah umum, acara-acara seperti ini udah jarang gue ikutin, bahkan hampir ga pernah lagi. Gue jadi kangen banget deh *curcol*

Oke, kembali lagi ke pertanyaan awal. Apa sih sebenarnya makna Paskah itu?
Menurut pandangan gue, Paskah ini sebenarnya maknanya lebih dalam daripada Natal. Kalau Natal, kita umat Kristiani merayakan kelahiran Yesus. Tiap manusia pasti ada di dunia ini karena kelahiran kan. Tapi beda dengan Paskah. Disini kita merayakan kebangkitan dari kematian yang hanya dialami oleh Yesus Kristus, anakNya yang mulia. Selain itu, masa pra Paskah juga mengingatkan umat Kristiani akan pengorbanan Yesus dalam menebus dosa umat manusia.


Oleh karena itu, hendaknya kita umat Kristiani bersukacita atas kebangkitan Yesus dengan merayakan Paskah. Ia mati bagi kita namun bangkit kembali. Sungguh suatu kejadian yang mulia!
For those who celebrate it, Happy Easter Day! Jesus loves us! :)

You Might Also Like

0 comments

Enter your comment here.