Oui, je parle Français!

12:56




Gue kadang-kadang suka ngetweet atau update status di FB pake bahasa Perancis. Dan gak jarang yang nanyain artinya. Kalo udah ditanya begini, gue asal-asalan jawab "Dilarang merokok" atau "Tanya sana ke Mbah Googel"

Well, gue emang bukan ekspatriat perancis, atau blasteran perancis, dsb. Tapi entah kenapa gue cinta banget dengan bahasa ini (bahasa nomor satu sih, tetep bahasa Indonesia mameen). Cara ngomongnya orang Perancis tuh seksi. Ya itu menurut gue.

Foto: Eiffel Tower. Someday, I'll be there!

Awal pertama kali gue suka bahasa Perancis itu waktu kelas 8. Di rumah gue baru dipasang tv kabel, dimana ada saluran TV5 Monde, saluran dari Perancis. Nah, pas ngeliat salah satu acara (lupa namanya), kok gue ngerasa cara bicara mereka itu unik, aneh, tapi keren gitu. Jadilah gue tertarik untuk belajar bahasa Perancis.


Gue memulai pelajaran bahasa Perancis secara otodidak, dengan browsing di internet, atau mendengarkan lagu-lagu berbahasa Perancis, kyk lagunya Mylene Farmer yang judulnya Point de Sutur. Kalo dibilang susah sih, banget ya. Secara gue masih amatiran tapi udah nyoba bahasa yang susah. Tapi, percaya deh, belajar suatu bahasa dengan lagu yang terkait dengan bahasa tersebut itu paling efektif. Kayak dulu gue belajar bahasa Inggris. Gue nyari teks lagu Point de Suture, terus menirukan pengucapan penyanyinya. Setelah merasa cukup dengan lagu ini, gue nyari lagu-lagu penyanyi dari Perancis lainnya, kayak Mademoiselle K dan Nous Non Plus (dua nama ini grup band), atau Vanessa Paradis, Max Boublil, dll. Alhasil, telinga gue semakin peka untuk tahu apa yang diucapin mereka, walaupun ga semuanya bisa gue tangkap.

foto: Mylene Farmer
foto: Vanessa Paradis

foto: Max Boublil. Handsome, huh?

Gue sempet berharap pas masuk SMA tuh ada pelajaran bahasa Perancis. Ya, tapi apa mau dikata. Yang ada malah bahasa Jerman. Konsep bahasa Jerman masih agak mirip sama Perancis sih, ada perbedaan jenis kelamin dalam benda-bendanya. Tapi ya..... tetep aja.... mungkin karena gue udah biasain belajar bahasa Perancis kali yaa.

Sekarang, meskipun ga pro, gue udah mulai tau cara ngucapin kalimat-kalimat dalam bahasa Perancis, atau apa arti kalimat ini dan itu. Kalo ditanya gue mau kuliah jurusan Sastra Perancis, gue bakal menjawab nggak. Gue lebih melihat bahasa Perancis sebagai bahasa tambahan yang harus dikuasai, ketimbang mempelajari seluk beluknya dengan mendalam.

Sedikit tips dari gue buat lancarin bahasa Perancis :
1. Perhatiin cara ngomong orang Prancis. Liat juga gerak bibir atau mulut mereka. Tulisan dan cara pengucapan terkadang benar-benar beda jauh. Contoh: kalimat "c'est" itu dibacanya "se" atau "fois" dibaca "fwa". Buat referensi nonton aja saluran TV5 Monde. Atau kalo kesusahan, dengerin lagu berbahasa Perancis.
2. Nonton film berbahasa Perancis + sub Perancisnya terbilang cukup bagus buat gue untuk belajar bahasa ini. Atau kalo mau, cari film berbahasa Inggris atau bahasa yang diketahui, dengan subtitle bahasa Perancis. Tapi biasanya, subtitle dengan bahasa aslinya itu kadang suka beda. Soalnya dicocok-cocokin. Kayak bahasa Inggris "I have no idea with what you say" kalo diartiin kan "Aku ga ngerti apa yang kau bilang" bukan "Aku tidak punya ide dengan apa yang kau bilang"

Gambar: ini contoh anime berjudul Togainu no Chi yg menggunakan subtitle bahasa Perancis.

3. Jangan keburu pusing duluan kalau gatau artinya sama sekali. Sebenarnya proses belajar kosakata Perancis sama aja kayak bahasa Inggris dan bahasa lainnya. If you are really lost, use Google Translate.

Ya, segitu deh yang bisa gue share. Pardonne moi si je fais un faux pas, et merci ^^


You Might Also Like

2 comments

  1. Bonjour! Comment allez vous mademoiselle? Je suis Meidia:D hehe, cuma baru bisa ngmg segitu doang >< hai kak! Salam kenal!! Kak boleh recommend film perancis yg romance? Aku juga lagi belajar nih :) merci beacoup!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bonjour! Salam kenal juga...
      Wih film romance ya? Aku ga terlalu suka nonton romance movie sih, tp mungkin kamu bisa nonton Amelie! Aku denger review filmnya bagus :)

      Delete

Enter your comment here.