Moving to Apartment : Pindah ke apartemen dari kosan

18:18

For the second time in my life, saya ngerasain hidup ala ngekos lagi. Tapi yang satu ini akomodasinya agak berbeda, yaitu pindah ke apartemen.

Perpindahan saya ke apartemen ini sejalan dengan perpindahan saya ke kantor yang baru. Karena letaknya cukup jauh dari rumah orangtua saya (kurang lebih 40 km) jadi saya memutuskan untuk cari akomodasi yang letaknya dekat dengan kantor baru ini. 

Dua bulan pertama saya bekerja di kantor yang baru, saya masih tinggal di kosan. Kosan yang saya bayar senilai Rp 2 juta belum termasuk listrik. Sebenarnya secara fasilitas dan kebersihan oke ya, tapi yang gak saya oke itu adalah lokasinya. Bener-bener di pinggir jalan, dan karena saya di lantai dasar jadi kedengaran banget kalau ada kendaraan lalu lalang. Ada sisi positifnya saya jadi tahu kalau sudah pagi hari dari suara klakson kendaraan, lah tapi kalau malam-malam masih ramai? Emoh banget.

Jadi saya memulai perburuan apartemen saya. Kriteria saya simpel-simpel ribet, yang penting masuk budget saya dan fully furnished. Saya gak manut mesti berapa kamar, ukuran studio saja cukup. Wong cuma buat saya sendiri kok. Selama kurang lebih 1 bulan nyari-nyari, akhirnya ketemu yang nyantol. Mungkin disini saya akan bahas apartemen mana saja yang saya survey. 

Disclaimer : semua opini di bawah tidak bermaksud untuk memojokkan apartemennya, ini pure pendapat pribadi saya dan saya tahu dalam berpendapat pasti ada yang pro dan ada yang kontra. So, anggap saja ini sebagai referensi ya!

1. Review Apartemen The Nest

Letaknya di Karang Tengah. Budget friendly dan lokasinya enak, gak masuk ke dalam-dalam banget. Nyebrang ada Indomaret, RM Padang Sederhana, dan di apartemen sendiri ada fasilitas yang lumayan.

Tapi entah kenapa saya gak sreg dengan apartemen ini. Padahal saya kesana sampai 3x bulak balik dengan timing yang berbeda, akhirannya gak jadi ambil disini.

2. Review Apartemen Green Palm Residence

Apartemen semi rusun nih menurut saya. Letaknya di Duri Kosambi, searea dengan Pasar Laris Kosambi. Secara harga paling murah dan deket pasar, jadi belanja kebutuhan sehari-hari kan harusnya enak ya. Tapi ya saya agak ilfeel karena bangunannya udah run-down banget, lantainya agak kotor, dan kalau naik lift tidak perlu kartu akses. Kenapa emangnya kalau tidak ada kartu akses? Ya saya jadi waswas aja, kalau ada yang berniat *amit-amit ngikutin kita, lah gimana? Keberadaan kartu akses bagus buat prevensi kejadian tersebut.

3. Review Apartemen Puri Mansion

Tergolong apartemen yang modern dan lux, tapi bukan yang mahal banget kayak condominium. Saya suka banget sih sebenarnya dengan apartemen ini, cuma akses masuk dari jalan raya ke apartemen agak susah kalau tidak ada kendaraan. Dan juga sebenarnya agak di luar budget saya /chuaaaakss 

4. Review Apartemen Puri Orchard

Nah, setelah melalui pencarian yang cukup panjang, saya menemukan iklan di salah satu situs jual beli ada yang menyewakan apartemen studio yang masih masuk budget saya. Langsung aja saya kontak pemiliknya dan survey ke tempat untuk melihat apartemennya. Saya sreg banget dengan tempatnya dan langsung ok sewa 1 tahun dengan pemiliknya. Cihuy!

Apartemen ini termasuk cukup modern, letaknya strategis dan masih bisa jalan kaki dari jalan raya ke dalam (paling yaa jalan 300 meter lah). Kalau lagi niat kadang saya pulang jalan kaki dari kantor ke apartemen, hitung-hitung olahraga.

Jujur ya, kalau boleh dibilang, saya jauh lebih hemat tinggal di apartemen dibanding saat awal-awal ngekos. Kenapa? Karena di apartemen saya kebanyakan masak karena tidak banyak pilihan untuk jajan, dan di studio apartment yang saya sewa ini sudah disediakan mini kitchen lengkap dengan gasnya. 

 


Kualitas hidup saya juga jauh lebih baik saat tinggal di apartemen. Gak ada tuh namanya suara-suara berisik, dan memang ya kalau kantor dekat dengan tempat tinggal itu tidak bikin stress dan lebih bertenaga. Karena menyetir mobil sebetulnya sangat draining buat saya, apalagi di kota Jakarta ini. Jadi saya lebih banyak mengandalkan transportasi ojek online.


You Might Also Like

0 comments

Enter your comment here.