Musik: Pembawa sejuk, pemanja rasa

23:54

Teman-teman saya suka banget minjem ponsel saya buat sekedar dengerin lagu-lagu atau ngirim lagu dari ponsel saya ke ponsel mereka. Padahal ponsel saya biasa aja loh, ala ponsel batangan merk Sony Ericsson. Itu juga harganya relatif murah, sekitar Rp 600 ribu waktu saya beli pake duit sendiri... oke... mama saya nambahin dikit sih, hehehe.

Tapi yang bikin mereka suka banget itu jelas bukan ponsel saya. Man, their phones are much better than mine! Hahaha. Yang mereka suka adalah musik yang ada dalam ponsel saya. Ada sekitar 400 lebih lagu-lagu dari berbagai genre. Pop, jazz, rock, metal, blues. Ada musik dari tahun 80-90 an, tahun terkini, saya juga nyimpen lagu-lagu super jadul macam lagunya Lilis Suryani, Frank Sinatra, Skeeter Davis, dll. Asli deh, teman-teman saya takjub waktu tau memory card saya muatannya cuma 2 GB, masalahnya lagu-lagu di hape saya banyak banget. Lebih banyak dari temen-temen saya yang pake iPod atau iPhone malahan. Belum lagi music video yang saya simpen. Waktu ditanya kenapa bisa muat sebanyak itu, saya jawab; "Entah ya, pinter-pinter gue aja ngaturnya, hahaha."

Kalo ada istilah music-addicted, mungkin itu cocok banget buat saya. Yeah, literally... I can't pass any single day without music. Kalo ke sekolah, saya naik angkot, selama perjalanan di angkot saya sih selalu pasang headset. Yaa, saya gak suka aja gitu terkadang mesti dengerin percakapan orang lain yang kurang penting, atau parahnya jadi kepo percakapan mereka (maklum, cewek). Kalo mandi, saya suka nyanyi-nyanyi. Rasanya ada yang kurang gitu, kalo mandi tapi gak nyanyi, hehehe. Di kamar kalau lagi belajar saya selalu nyetel lagu juga.

I like all kind of musics, without exception. Walaupun genrenya kurang bersahabat di telinga remaja seumuran saya, tapi kalau menurut saya asyik, bakal saya dengerin terus. Contohnya, lagunya Lilis Suryani. Oh iya, saya tadi udah nyebutin kan, di ponsel saya ada lagunya Lilis Suryani? Wahahaha, sodara-sodara, kalau gak tau siapa Lilis Suryani, mending tanya orangtua kalian, atau in case mereka gak tau juga, tanya kakek/nenek kalian. Alm. Lilis Suryani itu penyanyi terkenal jaman 60an, almarhumah juga merupakan penyanyi favorit Presiden Soekarno. See? How "jadul" I am? Di ponsel saya ada dua lagu Lilis Suryani, Tiga Malam sama Gang Kelinci. Saya pernah nyanyi-nyanyi kecil lagu Tiga Malam, trus ada guru saya yang denger saya nyanyi lagu itu. Guru saya itu menatap saya dengan tatapan nista, trus ngomong "Ya Allah, kamu jadul banget sih nak."


Saya suka musik metal dan rock. Teman-teman kalau melihat penampilan saya pasti gak akan nyangka selera musik saya bisa kayak begitu. Gak tau juga ya, mungkin ini pengaruh abang saya (plus mantan saya) yang suka nyetel lagu metal. Saya suka Nirvana, Metallica, Lamb of God, A7X, Cannibal Corpse, System of a Down, Incubus, dan ah... banyak banget deh yang sejenisnya. Cadas ya? Namun, percayalah bloggers, gak semua lagu metal/rock itu bikin kepala pusing. Malah terkadang bisa bikin candu, hahaha.

Kalau flashback seluruh kehidupan saya, karena musik lah saya bisa meraih prestasi. Waktu SMP, saya sering ikut kompetisi ansambel bersama siswa lainnya, dan ga ada sama sekali berniat sombong, kami hampir selalu juara 1. Saya juga bisa merasakan ikut lomba se-Jabodetabek dengan pesaing-pesaing yang hebat, pelatih dari Jepang langsung, dan alat musik electone yang canggih dan keren. Semua berkat musik. Terlalu banyak pengalaman berharga saya dengan musik yang gak bisa dibeli dengan uang sekalipun.

Tapi jika ditanya, kenapa saya sangat suka musik, kira-kira jawaban saya akan seperti ini. 
"Saya suka musik karena musik bisa membuat saya lega, bisa menenangkan pikiran saya sesaat, bisa memanjakan saya dengan lirik-liriknya yang indah. Tidak ada nilai minus dari musik yang bisa saya tangkap"

Ah, musik. Kamu memang ciptaan yang sungguh hebat.



You Might Also Like

0 comments

Enter your comment here.