Tutorial: Kembali ke tahun 1970 dengan Photoshop!

21:08

Photoshop adalah software bikinan Adobe yang paling berguna buat ngedit foto, menurut saya. Efek yang dihasilkan sungguh, dan teramat canggih. Bisa diliat dari model-model di majalah yang mukanya mulus bening bak porselen. Itu semua hampir 90% diedit dulu dengan software macam Photoshop.

Kali ini saya mau ngasih tutorial bikin efek foto ala tahun 70 an dengan Photoshop, kayak foto di bawah ini.


 
Dua foto jalanan di atas berkesan jadul kan? Padahal foto Jalan di Bukit Bintang, Malaysia ini saya ambil di awal tahun 2013 loh! Ayo, be an old soul kayak saya dan mari kita bikin foto jadul xD


Yang dibutuhin:
1. Foto yang keliatannya bagus untuk dijadulin. Terserah sih, kalo mau foto biasa aja juga boleh xD Kalo bisa sih, saya sarankan yang resolusinya agak tinggi, biar hasilnya optimal.
2. Adobe Photoshop. 
3. Kesabaran, terutama buat yg amatiran dan cepet bosen. Hihihi.

Okay, let's get started!
1. Buka foto yang ingin dipake di Photoshop. Caranya? Di tab File, ada di kiri atas Photoshop, klik Open.
2. Buat efek blur di foto. Caranya? Di tab Filter, pilih Blur > Gaussian Blur. Di kotak dialog itu ada pilihan Radius, ketik 0.5



3. Gandakan foto yang dipake. Caranya? Di kotak Layers, klik kanan foto, nanti muncul pilihan-pilihan, nah klik Duplicate Layer.


4. Beri efek blur lagi, seperti cara nomor 2. Tapi kali ini radiusnya 2.0
5. Aktifkan vector mask pada layer yang sudah digandakan. Caranya? Klik icon di pojok kanan bawah. 


6. Berikan efek gradient atau gradasi simpel pada layer yg sudah ada vector mask. Caranya? Klik kotak putih, lalu tekan huruf G pada keyboard untuk memilih Gradient Tool. Nah, setelah kita tekan huruf G, nanti ada pilihan-pilihan. Kita pilih Radial Gradient.


7. Klik kotak yg ada 2 gradasi warna, nanti ada muncul kotak dialog. Pilih warna hitam dan putih, hitam di sebelah kiri, putih di sebelah kanan. Nah, abis itu tekan mouse, lalu arahkan mouse dari tengah, ke kanan foto.


8. Tambahkan efek saturasi pada foto. Caranya? Ada ikon bulatan hitam putih di samping ikon vector mask yang tadi kita pake. Klik, pilih Hue/Saturation. Nah, nanti muncul kotak dialog, isi bagian Saturation dengan -35.




9. Tambahkan warna merah muda pada foto. Caranya? Klik tab Layer di pojok kiri atas, lalu pilih New Fill Layer > Solid Color. Muncul kotak dialog. Atur Mode menjadi "Screen", dan opacity diturunin jadi 25%. Klik OK. Nah, muncul lagi kotak dialog yang isinya warna-warna, di kolom yang ada tanda # kita isi nomornya ff0030. Klik OK lagi :)


10. Tambahkan lagi efek warna kecokelatan dengan meniru langkah nomor 9, tapi kali ini atur Mode : Hard Light, sedangkan Opacity diturunin jadi 20%. Lalu pada kotak dialog yg nampilin warna-warna, ketik a26334 pada kolom yang ada tanda #.


11. Buat efek gradasi lagi. Caranya? Klik tab Layer di pojok atas, pilih New Fill Layer > Gradient. Pertama-tama, atur Mode : Screen. Opacity : 20%. Klik OK. Ada kotak dialog lagi, atur Style menjadi Linear, angle ke 180°. Lalu klik di bagian Gradient, nanti ada pengaturan warna. Pada color stop di sebelah kiri, klik dua kali, isikan warna ff0030 pada kotak yang ada tanda #.



Kalo kamu bener langkah-langkahnya, sampe saat ini harusnya efek fotonya seperti dibawah ini :D


12. Last step! Yihaaa! Tambahkan efek grain ke foto, biar lebih kelihatan jadul. Caranya? Bikin layer baru (pada tab Layer pilih New > Layer), bikin nama layernya "Grain". 



Nah, klik tab Edit di pojok atas, kita pilih Fill. Muncul kotak dialog, di bagian Use, pilih 50% Gray. Jadinya kayak di bawah ini.




Udah? Ya belum lah brooo, sedikiiiit lagi. Kita klik tab Filter, pilih Noise > Add Noise. Abis itu isi amount 100% pada kotak dialog yang muncul.


Loh kok? Malah kuneng-kuneng gini? Tenang bray, tenang. Di kotak Layers pojok kanan bawah, pilih Mode, atur jadi Overlay, lalu turunin Opacity jadi 10%. Selesai deh!!! 



SELESAI!!! Nih, bisa dilihat perbedaannya.





Tips:
Biar gak bosen dan emosian ngerjain beginian (trust me, pada awal banget saya belajar Photoshop, bosennya minta ampun!) mending sambil dengerin lagu-lagu keren tahun 70an, kayak The Beatles, ABBA, Queen, atau yang lebih epik; Elvis Presley. Tapi kalo selera kamu bukan old song, boleh tuh dengerin lagu-lagu Bruno Mars di album barunya Unorthodox Jukebox, banyak yang old style gitu deh. Coba deh dengerin lagunya yang If I Knew. Atau dengerin lagu-lagunya White Shoes and The Couples Company. Band ini beraliran old school. Saya berasa kayak lagi di tahun 70-80 an kalo dengerin lagu-lagu mereka. Hehe. Selamat mencoba! :D  

 

You Might Also Like

0 comments

Enter your comment here.